POVINDONESIA.COM – Sedikitnya, 21 orang yang diduga hendak melakukan aksi tawuran berhasil diamankan kepolisian sektor (Polsek) Ciawi, Polres Bogor, pada Minggu (12/5/2024) sekira pukul 01.00 WIB dini hari.

Kapolsek Ciawi, Polres Bogor, Kompol Agus Hidayat mengatakan, jajarannya yang telah berhasil menghalau tindakan aksi tawuran itu, berawal dari adanya laporan ke tim piket Polsek Ciawi yang berlokasi di Warung Pala, Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

“Bahwa tindakan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap potensi keributan dan gangguan kamtibmas di wilayah hukum polsek Ciawi, Polres Bogor,” kata Kompol Agus dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/5) siang.

Menurut dia, aksi tak terpuji ini dapat dihalau berdasarkan informasi yang diterima dari sebuah grup pesan singkat WhatsApp (WA), pada Sabtu, 11 Mei 2024, sekitar pukul 20.00 WIB.

Dimana, sejumlah orang para remaja pemuda berencana untuk berkumpul di Warung Pala sekitar pukul 23.15 WIB.

Menyikapi hal ini, tim Piket Polsek Ciawi bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pengawasan terhadap lokasi tersebut.

“Benar saja, ketika pukul 00.15 WIB, sebanyak 21 orang dari berbagai wilayah terlihat berkumpul di Warung Pala, termasuk beberapa di antaranya merupakan pelajar dan pemuda yang berada di warung tersebut,” ungkapnya.

Melihat hal itu, lanjut Kompol Agus, tim Piket Polsek Ciawi dan Satpol PP kemudian melakukan tindakan penangkapan untuk dilakukan pendataan lebih lanjut.

Berikut adalah para pelajar dan pemuda yang diamankan Sdri I (17), Sdr SP (20), Sdr A (23), Sdri M (17), Sdr F (21), Sdr MF (24), Sdr P (18), Sdr H (14), Sdr R (19), Sdr A (21), Sdr F (19), Sdr R (21), Sdr A (21), Sdr G (18), Sdr R (21), Sdr LMI (24), Sdr MA (17), Sdr SA (22), Sdr P (14), Sdr MB (14), Sdr R (14).

“Selama penggeledahan, tim berhasil menyita beberapa barang bukti, termasuk 14 unit handphone yang diduga digunakan untuk berkomunikasi dalam rencana aksi tawuran. Serta satu botol minuman ciu yang belum habis diminum,” jelasnya.

Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat menekankan, bahwa ke-21 orang yang diamankan merupakan anggota dari sebuah grup WhatsApp terkait Warung Pala.

Dari mereka, 6 orang berasal dari Kecamatan Cibinong dan 1 orang berasal dari Kecamatan Cigombong. Dan, tidak ada senjata tajam yang ditemukan selama penggeledahan.

Selain itu, pada pukul 07.00 WIB, keluarga dari para pemuda yang diamankan diundang ke Polsek Ciawi untuk diberikan arahan dan pembinaan lebih lanjut. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya aksi tawuran dan kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban di wilayah Ciawi.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Polsek Ciawi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memastikan bahwa wilayah Ciawi ini tetap aman dari potensi kerusuhan atau tindakan kriminal,” pungkasnya.