BOGOR – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat Bumi Tegar Beriman khususnya, dalam membayar pajak kendaraanya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Samsat Polres Bogor luncurkan program Ayo Ngabuburit Bari Bayar Pajak Kendaraan di Pakansari (ARIT PA ARI) yang berlangsung selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Peluncuran program ARIT PA ARI dilakukan untuk mengajak masyarakat taat dan sadar membayar pajak kendaraan miliknya.

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten/Kota (P3DW) Kabupaten Bogor Yadi Cahyadi saat live streaming bersama Radio Teman 95,3 FM di Gerbang Utara Stadion Pakansari yang dipandu langsung penyiar abah Uus, pada Selasa (26/3/24) kemarin.

Yadi melanjutkan, program ARIT PA ARI ini berlangsung setiap hari selama bulan suci Ramadhan dari pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB atau menjelang Magrib yang berlokasi di Pintu Tribun Utara Stadion Pakansari Cibinong.

“Tersedia berbagai merchandise juga takjil gratis bagi para wajib pajak yang membayar pajak melalui program Ayo Ngabuburit Bari Bayar Pajak Kendaraan di Pakansari,” kata Yadi Cahyadi, Rabu (27/3/2024).

Dia mengungkapkan, program ini rutin dilaksanakan setiap tahun terutama pada saat bulan suci Ramadhan sebagai bentuk komitmen bersama antara Pemkab Bogor dengan Samsat setempat guna tetap hadir melayani masyarakat dalam kondisi apapun termasuk pada momen spesial saat puasa yang hadir rutin satu tahun sekali.

“Kita ingin mengisi bulan Ramadhan dengan menyapa masyarakat terutama di waktu menjelang buka puasa dari sore menjelang magrib. Kami imbau, bagi masyarakat yang hendak ngabuburit mencari takjil ke wilayah sekitaran Stadion Pakansari bisa manfaatkan program ini untuk kalian sekalian membayar pajak kendaraannya,” jelas Yadi Cahyadi.

Yadi Cahyadi juga menerangkan, ada beberapa layanan yang disediakan pada program ARIT PA ARI ini antara lain, layanan bayar pajak tahunan, bayar pajak PKB tahunan, kemudian juga pengesahan STNK tahunan, serta bayar SWDKLLJ atau Asuransi Kecelakaan Berlalu lintas.

“Program ARIT PA ARI ini kita lakukan secara kolaborasi antara Bappenda Kabupaten Bogor, Samsat, juga Jasa Raharja. Alhamdulilah hari ini kami juga memberikan souvenir kepada para pembayar pajak dan pembagian takjil gratis kepada para pengendara yang ngabuburit,” akunya.

Sementara itu, Kepala Jasa Raharja Bogor, Deddy menambahkan, kehadiran pihak Jasa Raharja dalam program ARIT PA ARI ini adalah bersinergi untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjaga kesejahteraan dan perlindungan bagi para korban kecelakaan lalu lintas. Salah satunya dilengkapi dengan pajak kendaraan dan STNK yang hidup.

“Ini penting sekali, karena STNK itu adalah sebagai surat bukti legitimasi pengoperasian kendaraan di Jalan Raya. Jika hidup maka sudah pasti nomor kendaraan sudah teregistrasi dan tertib administrasi, supaya kalau ada risiko kecelakaan maka kami bisa bantu,” tukasnya.