Bogor, PovIndonesia.com – Guna mempercepat Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara Pemilu 2024, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, menambah dua (2) panel dari empat yang tersedia sebelumnya.

“Jadikan, di tingkat Kecamatan itu ada penghitungan surat suara dari seluruh TPS se-Kecamatan Cibinong yang disebut rapat pleno, dan lokasinya kita pusatkan di aula kantor Kecamatan” kata Camat Cibinong, Acep Sajidin kepada wartawan media ini, Selasa (20/02/24).

Ia menjelaskan, rapat pleno tingkat kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ini dilakukan sejak Sabtu 17 Februari 2024.

Camat Acep Sajidin juga menambahkan, setelah pembukaan penghitungan surat suara pemilu 2024 atau rapat pleno itu dilakukan, jajarannya  membuka empat (4) panel.

“Setelah pembukaan (Rapat Pleno) langsung dibagi empat panel sebagai tempat penghitungan surat suara. Karena dirasakan lambat untuk empat panel, makanya kita tambah dua panel supaya bisa mempercepat,” jelas dia.

Lebih jauh ia memaparkan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cibinong yang menjadi wilayah Tempat Pemungutan Suara terbanyak se-kabupaten Bogor dengan jumlah 986 TPS dan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 259.086 pemilih, dengan rincian Laki-laki 128,557 dan perempuan 130,529 orang, serta dirasa kurang efektif karena memakan waktu cukup lama, Kecamatan Cibinong bersama tim PPK berinisiatif untuk membuka dua panel tambahan.

Pasalnya, masih kata Acep Sajidin, apabila pihaknya hanya menyediakan empat panel untuk rapat pleno yang diprediksi bisa memakan waktu hingga 21 hari, diharapkan dengan adanya penambahan dua panel ini bisa meringkas waktu yang telah ditargetkan sebelumnya.

“Dengan adanya penambahan dua panel ini, mudah-mudahan bisa selesai hanya dalam kurun waktu 15 hari saja,” tutupnya.