Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Dedi Prasetyo. (Dok: Humas Polri)

Povindonesia.com – Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Dedi Prasetyo menutup Rakernis yang diselenggarakan di Bali sejak 2 Maret 2023.

Dalam amanatnya, Kadiv Humas Polri menekankan beberapa hal kepada setiap jajaran Divisi Humas Polri.

“Kepada jajaran, saya tekankan untuk selalu menjalin hubungan baik dengan awak media yang memiliki peran penting dalam menjaga situasi kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Dan untuk bidang Pusat Informasi Data (PID), untuk memastikan ketersediaan informasi terpusat di Mediahub cepat dan tepat,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, media sosial yang dimiliki harus menjadi wadah penampung aduan masyarakat. Terlebih, saat ini media sosial memiliki pengaruh besar di masyarakat dalam berbagai peristiwa yang terjadi.

“Inventarisir berbagai bentuk pengaduan dari masyarakat yang disampaikan melalui media dan koordinasikan dengan fungsi propam maupun fungsi terkait dalam rangka mitigasi,” ujar Kadiv Humas dalam penutupan Rakernis di Bali, Jumat (3 Maret 2923).

Ia menambahkan, menjelang Pemilu 2024, personel humas harus melakukan peningkatan pemantauan terhadap isu-isu sensitif dan menonjol yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas. Kemudian, diperlukan juga peningkatan kegiatan yang bersifat cooling system dan mampu mencegah polarisasi masyarakat.

“Humas harus menjadi garda terdepan dalam implementasi quick wins 2023 terutama manajemen media di seluruh satker mulai dari Mabes Polri hingga seluruh Polsek,” ujarnya.

Ia melanjutkan, harus perlu dilakukan peningkatan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi melalui badan koordinasi humas (bakohumas) yang melibatkan Kementerian, Lembaga, Media, dan Komunitas lainnya.

“Terapkan itu dan saya tutup dengan tagline Rakernis Humas Polri Untuk Indonesia Damai!,” tutupnya.***