Foto: Kepala Bakamla RI Lakdsya TNI Aan Kurnia.

Batam, POVIndonesia.com – Kepala Bakamla RI Lakdsya TNI Aan Kurnia melaksanakan penekanan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pemasangan tiang pancang pembangunan Dermaga Bakamla di Setokok Batam, Kamis (13 April 2023).

“Pembangunan Dermaga Bakamla RI di Setokok bertujuan melengkapi prasarana yang dibutuhkan dalam menghadapi kompleksitas pelanggaran serta gangguan keamanan dan keselamatan laut, juga sekaligus untuk mendukung pelaksanaan penegakan hukum di laut khususnya di zona maritim barat,” ujar Kepala Bakamla RI.

Tak hanya itu, Lanjutnya, dermaga Bakamla RI juga ditargetkan untuk penguatan kapasitas sehingga memudahkan mobilitas dan jangkauan kapal patroli khususnya dalam penguatan keamanan di laut Natuna.

“Pembangunan Dermaga ini merupakan tahap pertama yang di kemudian harinya akan dilaksanakan secara berkesinambungan,” katanya.

Kepala Bakamla RI mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau atas seluruh dukungan agar pembangunan Dermaga Bakamla RI ini dapat terlaksana.

“Tak lupa juga ucapan terima kasih diberikan kepada Bapak BP Batam atas hibah tanah yang diberikan,” pungkasnya.

Saya juga mengucapkan terima kasih, sambungnya, kepada Bappenas, Kementerian Keuangan atas dukungan dan asistensinya sehingga dapat menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk pembangunan Dermaga Bakamla RI di Setokok,” katanya.

“Terakhir, saya sampaikan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas di bangunnya Rusunawa yang sangat membantu percepatan pembangunan sarpras Bakamla RI yang direncanakan beroperasi pada tahun 2024,” tutupnya.

Untuk di ketahui, acara ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan kehormatan, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Irvansyah, Pangkoarmada I Laksda TNI Erwin, S.A., Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Kepala BP Batam Muhammad Rudi, serta tamu undangan lainnya.***