Foto: (Dok: Diskominfo Kabupaten Bogor).

Bogor, POVIndonesia.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Senin (29/5/23).

“Dalam rangka peninjauan lokasi rencana pembangunan jalan tambang,” ujar Ridwan Kamil ke awak media.

Ia menuturkan, bahwa jalan tol khusus tambang merupakan inovasi baru dalam pembangunan sebuah jalan.

“Karena membangun jalan yang dikhususkan untuk tambang bukan jalur untuk semua pada umumnya. Itulah dibutuhkan proses yang cukup panjang mulai dari kolaborasi antara Pemerintah Pusat, provinsi hingga daerah, regulasi, izin dan lainnya,” ucapnya.

Semoga, lanjutnya, jalan segera terbangun.

“Saya mohon kepada seluruh warga untuk bersabar 1 tahun, dan kepada semua elemen masyarakat untuk mendukung dan menjaga kondusifitas dalam pengerjaan pembangunan jalur tambang ini agar bisa terwujud dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Owner PT Amal Arjuna Jayabaya Mulyadi Jayabaya menambahkan, secara keseluruhan bahwa jalur tambang ini akan terbentang sepanjang 12,6 km dengan luas tanah 32 hektar dan untuk lebarnya luas untuk jalan ini adalah 30 meter.

Menurut Mulyadi, jalan tambang ini memang salah satu jalan tambang baru pertama di Indonesia.

“Membangun jalan khusus tambang ini bukan seperti membuat jalan tol biasa, tapi jalan ini banyak akses untuk memudahkan akses-akses keluar,” katanya.

“Alhamdulillah dengan sekarang adanya Bapak Gubernur ini insya Allah jalur tambang ini bisa segera terwujud,” tutupnya.

Tampak hadir dalam mendampingi Gubernur, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Kapolres Bogor, Dandim 0621, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat dan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Manusia serta sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Bogor.***