Foto: Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ahmad Syukri saat melepas Jemaah haji asal Kabupaten Bogor tahun 2023. (Dok: Diskominfo Kabupaten Bogor).

Cibinong, POVIndonesia.com – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan melepas sebanyak 472 orang rombongan calon Jemaah haji kloter 4 asal Kabupaten Bogor tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Tegar Beriman, Cibinong Rabu (24 Mei 2023).

Ia berpesan, kepada seluruh calon Jemaah haji asal Kabupaten Bogor untuk senantiasa memperhatikan dan selalu menjaga kondisi kesehatan.

“Kami pun berkomitmen, untuk memberikan pendampingan dan layanan kesehatan yang optimal kepada para jemaah melalui petugas kesehatan yang telah disiapkan,” ujarnya.

Iwan menyampaikan, bahwa ibadah haji memerlukan fisik yang prima.

“jemaah haji selalu memperhatikan aspek kesehatan selama di perjalanan, di Arab Saudi, hingga nantinya kembali lagi ke tanah air,” katanya.

Jangan terlalu memaksakan diri, lanjutnya, dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunnah, terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai. Kondisi di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

“Di sana, cuacanya jauh lebih panas, sehingga seluruh jemaah harus dapat menyesuaikan diri. Pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah. Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi  jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan juga para petugas yang akan memberikan pelayanan, perlindungan, dan pembinaan kepada para jemaah,” ungkapnya.

Tahun ini, sambungnya, jemaah haji lanjut usia (lansia) jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Untuk itu dirinya berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jamaah, termasuk para lanjut usia.

“Saya juga minta kepada seluruh warga Kabupaten Bogor untuk bersama-sama memberikan kepedulian kepada para jamaah lansia yang ada dalam rombongan kita. Kita doakan jemaah Bogor ini semua bisa sehat dan selamat,” pintanya.

Ia juga menghimbau, kepada seluruh jamaah haji Indonesia termasuk Kabupaten Bogor untuk membawa barang seperlunya sesuai yang dibutuhkan selama beribadah haji. Hindari barang bawaan yang tidak ada kaitannya dan tidak mendukung jamaah dalam beribadah. Meski ini sudah masuk tahun politik, tidak perlu membawa atribut-atribut partai atau organisasi.

“Kita masuk ke negara lain dengan aturan hukum, budaya dan cuaca yang berbeda. Untuk itu para jamaah haji dituntut untuk adaptif dengan situasi disana. Tahun ini kita memasuki tahun politik untuk itu, tidak boleh membawa atribut seperti mengibarkan bendera politik dan menyebut calon di depan Masjidil Haram. Mendoakan boleh tetapi tidak sampai diunggah di sosial media,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ahmad Syukri mengungkapkan, bahwa Kloter 4 JKS merupakan kloter pertama jemaah haji asal Kabupaten Bogor yang dilepas oleh Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan sebanyak 472 orang calon jemaah haji.

Setelah dilepas, sambungnya, para jemaah haji asal Kabupaten Bogor akan diterima di asrama haji Bekasi pada hari ini pukul 14.20 WIB yang kemudian akan diberangkatkan ke Bandara Soekarno-Hatta pada keesokan harinya (25/5/23) pada pukul 9.20 WIB. Sesuai aturan, 4 jam sebelum take off akan diberangkatkan menuju Madinah pada pukul 14.20 WIB.

“Para jamaah kloter 4 ini akan tinggal di wilayah masjid yang menurut keterangan ini tidak jauh dari Masjidil Haram dan merupakan gedung yang terbaik dari yang pernah ada selama pelaksanaan ibadah haji. Para jamaah haji dari Kabupaten Bogor ini nanti akan tinggal selama 40 hari di tanah suci dengan mendapatkan sekitar 120 kali konsumsi makan atau tiga kali dalam sehari. Mereka akan melaksanakan ibadah haji dan pulang atas izin Allah dalam keadaan mabrur dengan keadaan selamat, pada tanggal 5 Juli 2023 dan landing sepenuhnya dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 16.05 WIB,” terangnya.

Selanjutnya, calon jamaah haji asal Kabupaten Bogor sekaligus Kasi Dokkes Polres Bogor, Elynda Vidiyana Ekawati menyatakan terimakasih kepada Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan yang telah melepas rombongan jemaah haji. Ini sangat luar biasa, atas izin Allah dan pertolongan Allah SWT tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

“Sambutan yang luar biasa sejak awal pemberangkatan hari ini, penyambutan dari acara dari bapak Plt. Bupati Bogor juga dari rekan-rekan semua. Sejak awal saya pribadi masuk ke dalam gedung pemda ini banyak adik-adik dari Pramuka dan dari LSM yang membantu kami. Memang musim haji tahun ini adalah ramah lansia jadi luar biasa. Saya sendiri merasakan terima kasih banyak semoga kebaikan amal ibadah dari bapak Plt. Bupati Bogor beserta rekan-rekan senior kami semua dibalas dengan keberkahan dan dijadikan amal ibadah dan kesuksesan di dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, adapun Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang tergabung dalam kloter 4 ini berasal dari KBIH Assalam sebanyak 125 orang, Al Hikmah 184 orang, Al Kautsar 41 orang dan Al Huda 32 orang, Islamis 68 orang, dan jumlah jamaah mandiri sebanyak 22 orang. Dengan total laki-laki sebanyak 255 orang dan perempuan sebanyak 217 orang.***